Dialog Hati, Dialog dengan Fikiran Sendiri, Muncul dari Berbagai Kondisi, tidak Selamanya Ia Nyata, tidak juga hanya Fiktif Belaka

11/24/08

Membangun Rasa Percaya Diri

Rasa percaya diri sebenarnya dapat dibangun dari diri Anda sendiri, selama Anda tetap focus dan memperhitungkan apa yang akan Anda capai dalam hidup Anda, termasuk menemukan kesuksesan. Berikut beberapa langkah untuk membangun rasa percaya diri :

Persiapan. Menyiapkan perjalanan Anda menuju pribadi yang percaya diri. Anda perlu menyadari posisi di mana Anda berada sekarang, memikirkan tentang ke mana Andaingin pergi, memikirkan sebuah perjalanan yang menyenangkan pikiran Anda, dan komitmen diri Anda untuk memulai dengan apa yang Anda pikirkan dan tetap focus dengan pemikiran Anda.

Pencapaian. Anda dapat melihat apa yang telah Anda capai selama ini. Jika perlu, Anda dapat memasukkan top 10 hal terbaik yang pernah Anda terima, ke dalam sebuah “Achievement log”. Seperti kejuaraan, menjadi pemimpin tim di sekolah, atau Anda pernah membuat top skor dalam proyek bisnis Anda. Anda dapat menyimpannya dalam format dokumen yang mudah Anda lihat sesering mungkin, dan Anda bisa menghabiskan beberapa menit tiap minggu untuk menikmati kesuksesan yang telah Anda capai.

Pemikiran. Anda dapat berpikir tentang kekuatan yang Anda miliki. Dengan melihat penyimpanan kesuksesan Anda, dan merefleksikannya pada kehidupan Anda sekarang, Anda dapat berpikir mengenai kekuatan dan kelemahan Anda. Dari sini, Anda dapat memikirkan mengenai kesempatan untuk sukses dan ancaman yang menghalangi Anda.

Pengaturan. Men-setting tujuan dan pikiran Anda dapat memunculkan rasa percaya diri. Tujuan hidup adalah proses di mana Anda akan menargetkan diri Anda untuk mencapainya, dan mengukur kesuksesan dari target yang telah Anda peroleh nantinya. Mengatur pikiran Anda, dapat menghilangkan sisi pikiran yang berbicara mengenai hal negative dan mampu memperkuat mental Anda. Yang terakhir, komitmen atau janji Anda untuk mencapai kesuksesan. Jika Anda masih bingung dengan komitmen, Anda dapat menuliskannya dalam diary dan tetap berpikir rasional juga focus untuk mencapai apa yang Anda tulis.

Enjoy. Ketika Anda sudah memulai segala usaha untuk membangun kepercayaan dalam diri Anda, mungkin Anda tidak perlu terlalu berpikir keras dan mengejar kesempurnaan. Anda dapat menikmati usaha yang sedang Anda jalankan, untuk mencapai kesuksesan yang lebih baik.

Perayaan. Jika Anda telah memulai dengan tujuan kecil, maka Anda dapat membuatnya sebagai tujuan untuk menimbulkan kebiasaan, meraih tujuan tersebut, dan merayakan kesuksesan yang Anda terima. Anda dapat mensyukuri hasil yang telah Anda peroleh dari usaha dan kerja keras Anda, dengan merayakannya, mungkin dengan teman atau keluarga.

Hal yang paling penting adalah Anda tetap berada dalam pikiran yang positif, tetap merayakan dan menikmati kesuksesan, dan menjaga kekuatan mental. Rasa percaya diri juga muncul dari kegagalan, selama Anda belajar dari kegagalan tersebut dan Anda tetap berpikir positif atas kegagalan tersebut, maka mental Anda juga semakin kuat.

Jika kepercayaan diri Anda telah tumbuh walaupun sedikit, Anda dapat membuat tujuan hidup yang lebih besar lagi dan menambah tingkat kekuatan komitmen Anda untuk mencapai kesukesan yang Anda impikan. Namun, mungkin sebaiknya Anda tidak membuat kepercayaan diri Anda melebihi fakta yang sebenarnya atau yang disebut percaya diri yang berlebihan. (h_n)

No comments: