Dialog Hati, Dialog dengan Fikiran Sendiri, Muncul dari Berbagai Kondisi, tidak Selamanya Ia Nyata, tidak juga hanya Fiktif Belaka

12/13/08

Catatan Perjalanan

Akhir-akhir ini banyak hal yang berlaku, namun sepertinya tidak satupun tergambarkan dengan sempurna oleh fikiranku yang selalu bercabang dan memikirkan hal-hal yang seharusnya tidak perlu kufikirkan, entahlah, ku coba jalani saja apa adanya. seperti air mengalir dari hulu ke muara, jika memang aral mencoba menghalang di tengah perjalanan, kan ku coba mencari celah agar perjalanan ini tetap bisa kujalankan jikapun tidak bisa kubuat sempurna, paling tidak aku bisa merasa puas dengan semua hasilnya, semoga...

Inti dari tulisan malam ini mungkin tidak bisa kugambarkan dengan pasti, namun kucoba merangkai semuanya agar mudah dicerna dan bisa ditarik kesimpulannya. kali ini ku hanya ingin bercerita tentang sisi perjalanan-perjalanan yang kulakukan sejak kepulanganku ke negeri ini.

Ku pulang tepatnya tanggal 16 September 2008 mendarat di bandara Dao Yuan, sekitar pukul 7.30 malam dengan penerbangan China Airlines. Sempat bermalam di Kuala Lumpur selama 1 malam. Alhamdulillah tiba dengan selamat, meski saat itu cuaca di taiwan masih tidak menentu dan masih dalam suanasa Typhoon yang melanda negeri ini selama hampir seminggu lamanya. ALhamdulillah pada hari kedatanganku angin topannya udah mereda.

Kami dijemput sama beberapa teman yang datang bersama mobil jemputan dari kampus. Hmm, Malam pertama di dorm, kuhela nafas dalam-dalam, berucap selamat bertemu kembali ruanganku tercinta, tempat ku mengukir mimpi, menikmati segala bentuk suka dan duka yang harus kujalani, tempatku melepas segala penat dan lelah dalam menjalani hari-hari, disinilah waktu ku terbanyak kuhabiskan untuk belajar dan bercengkrama dengan sahabat rekan kerja dan teman kampus. Di tempat ini aku lebih banyak menjalani hidup di dunia virtual daripada dunia nyata. Sejak kedatanganku di negeri ini, beginilah rutinitas yang harus kujalani. But, I try to enjoy it, as much as I could.

Ruangan ini, setelah kutinggalkan hampir tiga bulan lamanya. karena begitu liburan dimulai aku meninggalkan dorm dan menetap di Hsin chu selama 1 bulan untuk urusan pekerjaan, dan dua bulan berikutnya aku habiskan di kampung halaman tercinta buat liburan dan juga bekerja.

Aktivitas kuliah sebagaimana biasa mulai kujalani lagi, dua minggu disini lebaran idul fitripun tiba, aku pergi ke Taipei bersama tiga orang teman yang lain (ma, lu2 and Neny) di pagi buta. karena telat nyampe' di stasiun kami ketinggalan kereta dan harus naik Bus. Selesai shalat ied di Mesjid besar, komunikasi sejenak dengan beberapa teman yang juga berasal dari negara yang sama, berbincang dengan Istri Imam Ma, hingga akhirnya perjalanan berlanjut ke Taipei City Mall buat hunting masakan Indo yang selalu dirindukan, karena kebetulan di daerah sekitar kampus tidak ada yang jual, dan untuk masak di Dormpun tidak ada izin. Kami pulang lagi ke kampus sekitar pukul 4 sore. Esoknya kuliah seperti biasa, kebetulan esoknya aku harus masuk kuliah di jurusan lain dengan materi kuliah yang sangat menarik menurutku untuk dipelajari yaitu "Strategic Management".

perjalanan selanjutnya, Acara makan malam bersama teman2 seangkatan di restoran yang jaraknya tidak jauh dari kampus. Seperti biasa, hanya mencoba menikmati nasi putih, karena semua lauk yang disediakan dikhawatirkan kehalalannya. Dan mencoba bercengkrama dengan teman-teman jurusan dan juga tiga orang professor dari jurusanku.

Selanjutnya adalah Acara seminar di kampus, dengan pembicara seorang CEO dari salah satu perusahaan terkenal di Taiwan dan German namanya "Jack Wolfskin". Menarik mempelajari bisnis model yang diterapkan sama perusahaan ini. Seminar dibawakan dengan sangat baik sekali dan banyak pelajaran yang bisa diambil diantaranya yang paling sederhana adalah penerapan Team Work, threat customer as a family or friend, so you could understand what are your customer need, Never give up when u fall, Building the power through relationship, dan banyak lagi yang lain. Ada satu kalimat yang selalu terngiang ditelingaku dari bapak ini yaitu "Even somebody threat you with the bad thing, or he/she is not good for you, Just try to pretend he/she as your teacher, because he/she was give you good challenge and more chance to learn". Seminar ini diadakan oleh professor yang mengajar mata kuliah Information Technology and Innovation, namanya Prof. Maggie Hu, beliau sengaja ngundang pembicara untuk kami para mahasiswa asing. Anyway, thanks a lot prof.

Perjalanan berikutnya adalah belajar tentang Experience Economy pada tanggal 26 november yang lalu, untuk mata kuliah yang sama yaitu mata kuliahnya prof. Maggie, kami bersama beberapa 3 orang mahasiswa asing dan beberapa mahasiswa dari jurusan lain juga disertai oleh beberapa orang professor mengunjungi sebuah kawasan culture industry yang berada di perbatasan Miaoli dan Taichung. Nama tempatnya Hua Dao Yau. Tempat ini, merupakan sebuah tempat yang disediakan untuk mengetahui bagaimana keramik, disamping itu di tempat ini juga tersedia 600 jenis tanaman.

Sebuah tempat yang menarik sekali buat dikunjugi, berada di tempat ini kita seperti merasakan semua musim, tempatnya berada di sebuah pegunungan yang dikelilingi areal persawahan yang sangat luas sejauh mata memandang. Kata salah seorang teman, kawasan ini adalah kawasan yang areal persawahannya paling luas di taiwan. Sepulang dari tempat ini, kami diajak ke sebuha restoran khas Hakka di Kawasan Dong Luo, dan akhirnya pulang pada pukul 7 malam.

Perjalanan berikutnya adalah, liburan bersama seluruh mahasiswa asing di Kenting, selama 2 hari, sepulangnya dari kenting keesokan harinya jemput dosen di bandara, terus ngantar beliau ke Taichung dan pulang malam. kemudian dua hari berikutnya berkungjung ke Tsing Hua universit bertemu dengan prof. Shen dari Tsing Hua dan dan Salah seorang Prof. dari Chiotung university. ini kali pertama bertemu dengan Aplle Cs setelah pengabdian di Aceh pada agustus lalu.

duch, kayaknya dah gak bisa dilanjutin nich, ini dulu dech and photonya ntar diupload.


No comments: